Jumat, 29 April 2011

Skripsi Matematika: Contoh RPP Pembelajaran Menyenangkan (Fun Learning) Pokok Bahasan Trigonometri di SMA Negeri 1 Pasimasunggu Timur Kab. Kepulauan Selayar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SMA Negeri 1 Pasimasunggu Timur
Mata Pelajaran                       :  Matematika
Kelas/ Semester                     :  X / 2
Alokasi Waktu                       :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi   :
·         Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar       :
·         Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.

Indikator                    :
·         Menentukan ukuran sudut dalam derajat, radian serta hubungan ukuran derajat dan ukuran radian.
·         Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

I.  Tujuan Pembelajaran          : 
·         Siswa dapat menentukan ukuran sudut dalam derajat, radian serta hubungan ukuran derajat dan ukuran radian.
·         Siswa dapat menghitung perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
II.   Materi Pelajaran               : 
Trigonometri
·         Pengukuran sudut.
·         Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

III.  a.  Model                         : Kooperatif
b.  Pendekatan                 : Quantum
c.  Metode                       :  Fun Learning

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran


Tahap Pembelajaran
Alat Bantu Pembelajaran
Waktu
(Menit)
1
2
3
Kegiatan Awal
  1. Guru memutar musik ketika siswa tiba di kelas, ini memberikan suasana menggembirakan, menghangatkan lingkungan, menggugah minat belajar dan menenangkan pikiran.
  2. Guru menyampaikan topik pembelajaran dan indikator yang akan dicapai.
  3. Guru memberikan motivasi belajar pada siswa.

Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan materi mengenai pengukuran sudut dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
2.    Guru memberikan beberapa contoh soal terkait dengan materi.
3.    Dengan alat peraga berupa mistar, jangka dan busur derajat, guru membimbing siswa agar dapat menghitung nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.
4.    Setelah siswa memahami materi mengenai ukuran sudut dan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, selanjutnya guru membagi siswa membentuk 7 kelompok dengan nama yang berbeda.
5.    Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada masing-masing kelompok untuk dikerjakan.

Digunakan cara ini agar mengajar pembelajar cara berpikir, bereaksi, memahami. Juga membebaskan pembelajar untuk berkreativitas.
Suasana seperti ini dapat membuat pembelajaran menyenangkan dan menarik, memberi tinjauan berguna yang dapat menguatkan pembelajaran dan bahkan dapat menjadi ujian dan ukuran bagi pembelajaran.

Dalam tahap ini, digunakan musik latar agar bisa lebih konsentrasi, lebih rileks, dan membuka pikiran untuk mengeluarkan gagasan.

  1. Guru memberikan kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempersentasekan hasil kerja mereka didepan teman-temannya. Disini siswa akan terlihat tingkat pemahamannya mengenai materi. Lewat bagaimana mempertahankan hasil diskusi kelompok mereka, menanggapi jawaban (hasil) dari teman-temannya dan memberikan solusi. Siswa diharapkan mencatat kekeliruan mereka masing-masing sebagai bahan ajar bagi mereka.

Setelah persentase selesai, guru kembali memutar musik untuk mempertahankan lingkungan belajar yang menyenangkan, mengembalikan suasana kembali tenang dan konsentrasi, santai sekaligus bersemangat.

Kegiatan Penutup
  1. Guru mengumpulkan hasil kerja siswa.
  2. Siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
  3. Guru memberikan PR kepada siswa.
  4. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
Musik, mistar, jangka dan busur derajat.
10’








75’















































5’

V.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar:
a.       Alat/Bahan                  : Musik, mistar, jangka dan busur derajat.
b.      Sumber Belajar            : Buku Matematika Kelas X, LKS.


VI. Penilaian:
Jenis                            : Tanya jawab, tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen       : Tes tertulis, uraian.

Contoh Instrumen:
1.      Nyatakan α0 = 990 45’ dalam bentuk desimal.
2.      Hitunglah nilai dari:
a.       sin
b.      cos  

Ujung Jampea,                        Maret 2011
                                                                                                                       
                                                                                                       Peneliti

                           

                                                                                                Ahmad Muhtar
                                                                                                Nim. 10536 1470 06


Mengetahui:

Guru Mata Pelajaran




Asliana S.Pd
          Nip.