Kamis, 14 April 2011

Skripsi TS-TS (Two Stay-Two Stray)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS TS) Pada Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto.
A.    Latar Belakang
Berdasarkan hasil observasi penulis di SMP Negeri 2 Turaeta Kab. Jeneponto khususnya di kelas VIII.2 pada tanggal 31 juli 2010 diperoleh hasil belajar matematika masih dalam kategori rendah dibandingkan mata pelajaran lain. Hal ini terlihat pada kemampuan matematika pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Turatea Kab.Jeneponto yang hanya mencapai skor rata-rata nilai 5,80 pada semester genap 2009/2010.
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok kecil dan tanya jawab. Metode-metode ini membentuk siswa menjadi pasif dan tidak memberikan cukup ruang pada siswa untuk berkreativitas. Pada saat proses belajar mengajar siswa tampak bosan, mengantuk, sering tidak memperhatikan penjelasan guru dan siswa cenderung santai dalam diskusi kelompok karena kurangnya tanggung jawab individu yang dimiliki.
Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar  matematika maka perlu diterapkan suatu model pembelajara yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS TS). Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS TS) merupakan model pembelajaran kooperatif yang memungkinkan siswa untuk saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran kooperartif tipe Two Stay Two Stray (TS TS) ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagikan informasi dengan kelompok lain, baik yang bertugas bertamu maupun yang tinggal dikelompoknya. Jadi semua siswa dalam kelompok harus mempunyai tanggung jawab terhadap hasil diskusi kelompoknya.
Oleh sebab itu, penulis termotivasi untuk melakukan penelitian di SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS TS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis  mengangkat judul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS TS) pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto”.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar